Ray Tracing
Ray
Tracing
Ray Tracing
adalah teknik render yang menembakan sinar cahaya dari kamera belakang melalui
bidang untuk melihat scene (from PIXAR Renderman). Pada intinya Ray
tracing memanfaatkan penembakan sinar terhadap suatu objek untuk menghasilkan objek
sesuai dengan sudut pandang yang digunakan. Ada dua jenis Ray Tracing,
diantaranya Forward Ray Tracing dan Backward Ray Tracing. Forward Ray Tracing
adalah proses penelusuran sinar berdasarkan dari sumber cahaya. Intinya agar
objek dapat dilihat maka penyinaran objek harus berdasarkan dari sumber cahaya.
Sedangkan Backward Ray Tracing adalah proses penelusuran sinar berdasarkan
sinar dari mata. Sinar dipancarkan dari mata ke arah setiap pixel yang
membentuk layar gambar dan kemudian diteruskan ke obyek-obyek yang akan
digambar.
Dalam grafik
komputer, ray tracing adalah teknik untuk menghasilkan sebuah gambar dengan menelusuri
jalan cahaya melalui pixel dalam gambar
Jenis
Ray Tracing
· Forward
Ray tracing
Pada
forward ray tracing, sinar yang ditelusuri adalah sinar yang dipancarkan dari
sumber cahaya. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa sinar yang
dipancarkan oleh sumber cahaya tidak hanya berjumlah puluhan atau ratusan
tetapi dapat berjumlah jutaan bahkan lebih.
· Backward
Ray Tracing
Backward
ray tracing menggunakan penelusuran sinar dari mata. Sinar dipancarkan dari
mata ke arah setiap pixel yang membentuk layar gambar dan kemudian diteruskan
ke obyek-obyek yang akan digambar. Jika sinar yang melalui suatu pixel tersebut
mengenai suatu obyek maka dilakukan perhitungan intensitas pada titik tabrak
obyek tersebut. Intensitas hasil perhitungan tersebut digunakan untuk memberi
warna pada pixel tersebut. Perhitungan intensitas yang dilakukan adalah dengan
memperhitungkan efek pencahayaan dan efek visual.
Algoritma Ray Tracing
Konsep
Bayangan
Untuk menentukan
apakah titik perpotongan dengan permukaan berada dalam suatu wilayah bayangan
dilakukan pemeriksaan antara titik tersebut dengan semua sumber cahaya. Hal ini
dilakukan dengan membuat sinar-sinar baru dari titik ke sumber cahaya. Jika ada
objek diantara titik dan sumber cahaya, maka titik tersebut tidak akan mendapat
cahaya dari sumber yang bersangkutan, dengan kata lain, titik tersebut berada
dalam bayangan. Contoh dapat dilihat pada gambar 4 diatas, titik pada objek 1
mendapat bayangan dari sumber cahaya 2, dan mendapat cahaya dari sumber cahaya
1.
Pengertian Ray Tracing
Teknik ray tracing adalah salah
satu teknik untuk meningkatkan kualitas obyek citra dengan cara menelusuri
sinar pada obyek. Teknik ini menghasilkan citra yang terkesan tiga dimensi dan
berkualitas near photorealistic. Sinar diproyeksikan dari obyek ke lingkungan
sekitar objek, kemudian menuju obyek terdekat.
Hal pokok yang dilakukan pada
teknik ray tracing adalah rendering, yaitu proses yang dilakukan software untuk
mengubah data matematis menjadi gambar fiat color. Data matematis disimpan
dalam file data input berupa file teks. Proses rendering menghasilkan
intermediate file yang menyimpan data flap piksel. Piksel ini merupakan warna
cahaya yang dihasilkan karena perpotongan sinar dengan obyek yang ada dalam
pemandangan. Proses rendering terdiri atas perhitungan matematis yang kompleks,
sehingga memerlukan waktu relatif lama.
Konsep Ray Tracing
Terdapat
dua konsep Ray Tracing, antara lain :
1. Benda akan memantulkan cahaya dan retina mata akan menangkap
cahaya yang di pantulkan oleh benda kemudian diterjemahkan oleh otak menjadi
apa yang kita lihat.
2. Cahaya yang menabrak suatu permukaan benda dapat terjadi tiga
hal yaitu penyerapan, pemantulan, dan pembiasan
Oleh
karena itu terdapat dua metode untuk menulusuri ray tracing, yaitu:
1. Forward Ray Tracing: Metode ini memperhitungkan semua sinar yang
dipancarkan oleh sumber cahaya, baik yang mengenai mata ataupun tidak.
2. Backward Ray Tracing: Menulusuri cahaya yang mengenai mata
ditelusuri kembail ke sumber cahaya.
Ray
Tracing pada Animasi 3D
Pembuatan ray
tracing biasanya dalam pembuatan gambar 3D, agar gambar tersebut terkesan lebih
fotorealistis. Dalam dunia nyata, kita dapat melihat benda dikarenakan ada
cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut. Jadi efek cahaya sangat
berpengaruh untuk menghidupkan suatu gambar agar lebih terkesan realistis.
Di sinilah peran
ray tracing, sebab ray tracing mampu mensimulasi berbagai efek optis, seperti
pemantulan cahaya, pembiasan, maupun penyerapan cahaya. Pembuatan gambar 3D,
seperti pada film animasi, atau game komputer dengan tampilan 3D, menggunakan
proses ray tracing.
Implementasi Ray
Tracing pada film Animasi Big Hero 6
Big Hero 6
adalah film 3D superhero animasi komputer yang diproduksi oleh Walt Disney
Animation Studios, berdasarkan dari tim superhero Marvel Comics dengan nama
yang sama. Yang merupakan film animasi ke-54 di Walt Disney Animated Classics
series.
Berikut adalah
contoh dari implementasi RayTracing yang coba kami telusuri pada film animasi
BigHero6
Pada gambar
diatas tokoh utama dalam film ini ini yaitu Hiro dan BayMax, dan pada gambar
tersebut terlihat ada efek glossy atau seperti kilauan cahaya pada bagian
permukaan baymax, yang seakan Bagian body(metal) baymax memantulkan cahaya
lampu dan memantulkannya ke obyek lain yang ada disekitarnya, yang membuat body
metal dari baymax terlihat lebih realistik
Pada Scene saat
hiro memeluk baymax ini terlihat sekali penggunaan raytracing. Sorotan dari
sinar matahari disore hari yang menembus kaca sampai kedalam ruangan, membuat
efek pantulan sinar matahari yang dapat dlihat dengan lantai ber warna kuning
dari hasil pantulan tersebut
Scene ini
memperlihatkan adegan di atas langit sore senja, terlihat efek raytracing
memberikan pantulan pada permukaan sebelah kanan dari body baymax dan pada
permukaan helm dari hiro, membuat suasan sore terlihat lebih realistik
Efek ray tracing
ini juga harus didukung dengan efek pencahayaan yang juga harus terlihat
realistic dan biasanya pada salah satu software pembuatan objek 3D yaitu
blender, penambahan efek pencahayaan ini menggunakan node editor.
Sumber :
yoghp.blogspot.co.id
Penulis :
Penulis :
-
Dodi Priyanto (53414230)
-
Galuh Pajar P (54414450)
-
Gery Dhimas (54414496)
-
M. Ridhwan Y (57414493)
0 komentar: